Capturing Destinasi Wisata Sungai Cimedang Yang Lolos Verifikasi Bursa Inovasi Desa (BID) 2018

Kebersamaan saat mengelilingi sungai cimedang
Kebersamaan saat mengelilingi sungai cimedang

MARGALUYU–Sabtu 05 Januari 2019, alhamdulillah hasil BID (Bursa Inovasi Desa) Desa Margaluyu Lolos verifikasi. Sore menjelang Magrib hari sabtu masih berada di lokasi pembuatan perahu sekaligus destinasi wisata cimedang desa margaluyu kecamatan pancatengah untuk pembuatan capturing program TPID.

Semua TIM sengaja menyisir muara sungai bersama Tim TIK Kabupaten Tasikmalaya dan TPID Kecamatan dari hilir sampai hulu bersama Para Pendamping Desa PLD, Sekdes dan pengurus BUMDes Margaluyu dan BPD desa margaluyu. “Mereka sangat takjub melihat potensi sungai Cimedang dengan pemandangan alam dan sumber daya alam yang sangat kaya ini dengan dijadikan wisata pemancingan,” bebernya.

Menurutnya, Sungai Cimedang bisa menjadi destinasi wisata baru di wialayah Kabupaten Tasikmalaya kec.pancatengah khususnya wilayah Desa Margaluyu. Ini bisa men¬jadi surga bagi para pecinta mancing untuk menambah pengalaman. Pasalnya, di sungai ini masih terdapat ikan black bush yang menjadi incaran bagi pemancing mania. “TPID akan mendorong pemerintah daerah untuk me¬ngembangkan potensi wisata di sepanjang Sungai Cimedang ini.

Langkah awal, pihaknya akan mendorong peme¬rintah desa yang terlintasi sungai tersebut untuk membuat peraturan desa dalam melestariakan ikan black bush agar tidak bisa diambil begitu saja oleh para pemancing. Ini agar ikan yang terkenal dengan tarikan sangat kuat tersebut bisa lestari dan berkembang biak. “Jadi peraturannya bisa dipancing tapi harus dilepaskan,” terangnya.

Sekdes Margaluyu dan Direktur Bumdes Margaluyu mengatakan pihaknya bersama masyarakat sudah dan selalu mengimbau para pemancing untuk melepaskan kembali ikan black bush dan mangrove jack yang berhasil ditangkap. “Kalau ada yang dapat ikan tersebut 100 persen harus dilepaskan lagi supaya bisa lestari,” katanya.

Menurutnya, memang untuk potensi pemancingan sangat layak sekali dengan masih banyaknya ikan-ikan yang menjadi sasaran pemancing mania. Bahkan untuk ikan jenis black bush di Sungai Cimedang masih ditemukan dengan berat mencapai 10 kilogram.

Untuk fasilitas, masyarakat dan BUMDes Margaluyu menyiapkan perahu atau sapaan akrabnya menurut masyarakat disini adalah margas untuk sarana memancing. Saat ini tidak ada tarif atau retribusi bagi yang ingin mancing di Sungai Cimedang. “Tidak ada bayaran apapun, hanya diharuskan memberi bahan bakar untuk perahu saja,” .


Disamping menyiapkan penyewaan perahu juga mempasilitasi pembuatan perahu sebagai salah satu unit usaha jasa expedisi BUMDes Margaluyu, semoga dengan adanya program ini, potensi yang ada di desa semakin terlihat dan semakin banyak yang peduli..

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan