Tumbuhkan Semangat Pemuda Desa Dalam Bertani

harapan mereka pasti berhasil
Proses Persemaian bibit

Margaluyu-14 Nopember 2018, Pemuda adalah generasi penerus kepemimpinan dan ilmu pengetahuan bangsa. Pemuda desa berjumlah mayoritas di pedesaan. Karena hampir sebagian besar penduduk Indonesia bekerja sebagai petani. Namun, ironis, banyak pemuda desa yang merantau mencari pekerjaan di perkotaan dan menyebabkan peningkatan arus urbanisasi dan kepadatan jumlah penduduk perkotaan. Penulis sangat cemas dan khawatir tentang masa depan generasi muda dan lenyapnya keterampilan serta pengetahuan yang dimiliki oleh petani sekarang karena tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pewarisan pengetahuan pertanian berkurang.

Generasi muda lebih memilih untuk merantau dibandingkan dengan mengembangkan pertaniannya sendiri. Faktor-faktor yang menyebabkan generasi muda kurang berminat dengan pertanian adalah: pemuda berpendapat bukan zamannya lagi untuk tinggal di kampung dan bertani; hasil pertanian kurang mendukung kebutuhan ekonomi, cara bertani tradisional dinilai kurang efektif; banyak masalah termasuk kesuburan tanah, hama dan penyakit; masyarakat belum punya keterampilan pengolahan hasil pertanian; kurang informasi dan pengalaman; kurang motivasi dari orang tua; dan lebih tergiur untuk merantau.

hanya pakai bekas aqua gelas buat persemayan

Padahal kita tahu bahwa pemuda desa bisa terpakai belum tentu di kota pun . Sarjana saja banyak yang masih menganggur. Bagaimana mungkin dengan orang-orang muda yang umumnya berpendidikan rendah, bisa mendapatkan pekerjaan yang memadai?”. Pendidikan keluarga turut menentukan seperti apa jadinya generasi kita ke depan, katanya. Ditambahkan bahwa bila sejak kecil orang tua tidak menanamkan nilai-nilai dan prinsip hidup yang benar kepadaanak maka jangan pernah berharap, kelak mereka bisa mengatur hidupnya dengan baik.

Banyak pemuda desa yang merantau mencari pekerjaan di perkotaan dan menyebabkan peningkatan arus urbanisasi dan kepadatan jumlah penduduk perkotaan. Kami pemerintah desa sangat cemas dan khawatir tentang masa depan generasi muda dan lenyapnya keterampilan serta pengetahuan yang dimiliki oleh petani sekarang karena tingkat kesadaran masyarakat akan pentingnya pewarisan pengetahuan pertanian berkurang.

Tepatnya karangtaruna Dusun Kupaamis, memberdayakan potensi pemuda di Kedusunan tersebut. Bersama bahu membahu berkeinginan untuk memberdayakan pemuda setempat dengan kegiatan bertani/ bercocok tanam. Mulailah menyemai sayuran seperti cabai, terung, kangkung dll.sekarang sudah tumbuh sekitar 5 cm. Terus tumbuh, pelan namun pasti. Dan di tunggu oleh banyak nya peminat untuk membeli.
Seperti semangat pemuda desa yang luar biasa.
Apresiasi untuk Karangtaruna Dusun Kupaamis.
Ayo Pemuda Dusun yang lain khususnya Desa Margaluyu keluarlah dari zona nyaman mu, maka kamu akan mendapat hal baru dan luar biasa.

Sudah Mulai Tumbuh sekitar 5 cm
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan